5 Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

 5 Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui


Berita Kesehatan, Jakarta Kacang polong sering dijumpai di dalam sajian makanan baik itu sebagai bahan utama atau penghias makanan. Memang, untuk di Indonesia sendiri olahan masakan dengan menggunakan kacang polong ini masih jarang digunakan. Namun kamu akan cukup mudah menemukan olahan kacang polong ini di dalam campuran sayur sup.

Masih jarang digunakan sebagai bahan dalam masakan, siapa sangka si kacang kecil berwarna hijau ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Kalau kamu terbiasa menyingkirkan kacang polong ini, mulai sekarang kamu harus coba untuk menyukai dan mengonsumsinya.

Ya, banyak manfaat kacang polong yang bisa kamu rasakan ketika mengonsumsinya dengan rutin. Berikut ini telah merangkum manfaat menakjubkan kacang polong untuk kesehatan tubuh. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini beberapa manfaat kacang polong yang perlu kamu ketahui agar tak menyisihkannya lagi, Jum’at (14/6/2019).

Nutrisi Pada Kacang Polong

 5 Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

Kacang polong merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki bentuk fisik bulat, berukuran kecil, dan berwarna hijau khas yang terlihat segar.

Kacang polong memiliki keunikan karena kacang ini kerap digolongkan ke dalam kelompok sayur-sayuran karena sering diolah bersama dengan berbagai sayuran lainnya. Padahal kenyataannya jenis kacang ini termasuk ke dalam keluarga lagum, yaitu tanaman yang menghasilkan biji di dalamnya.

Selain kacang polong, beberapa tanaman lainnya yang menyerupai seperti lentil dan buncis yang termasuk ke dalam golongan legum. Pada setiap sebutir kacang polong ini mengandung segudang nutrisi yang baik untuk tubuh.

Sedangkan pada secangkir kacang polong dengan berat 160 gram. Adapun kandungan nutrisi di dalam kacang polong seperti protein, serat, mangan, vitamin K, vitamin B1, dan vitamin B9.

Kacang polong merupakan sumber serat dan protein yang baik untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Selain itu, kacang ini juga menyimpan banyak antioksidan yang dapat membantu tubuh untuk menangkal serangan radikal bebas.

Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan

 5 Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

Bantu Menurunkan Kolesterol

Jika kamu memiliki kondisi kolesterol yang tinggi, kamu bisa mengonsumsi kacang polong ini sebagai menu harian. Ya, salah satu manfaat kacang polong bagi kesehatan adalah untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat dan akan meningkatkan jumlah kolesterol baik di dalam darah.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Penelitian membuktikan bahwa jenis kacang yag satu ini bermanfaat untuk melancarkan kerja sistem pencernaan. Nah, buat kamu yang sedang mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, kacang polong bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang tepat.

Kandungan serat yang ada di dalam kacang polong ini akan membantu untuk mempermudah pergerakan usus dalam menyerap makanan. Hasil ini telah didukung oleh penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Dietetic Association yang mengatakan bahwa dengan makan klacang polong bisa mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar.

Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan
Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang polong juga bisa membantu mencegah penyakit jantung. Kacang polong yang mengandung zat anti peradangan dan beberapa jenis antioksidan ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit pada jantung.

Baik untuk Kulit

Selain kaya akan kandungan vitamin C, kacang polong juga berperan penting dalam memproduksi kolagen yang mampu membuat kulit tetap cerah dan bersinar. Vitamin C di dalam kacang polong ini membantu melindungi sel kulit dari bahaya radikal bebas. Selain itu, antiosidan di dalamnya juga mampu mencegah tanda penuaan pada kulit.

Menurunkan Risiko Penyakit Ginjal Akibat Hipertensi

Kaya akan serat, membuat kacang polong ini bisa bantu menjaga tekanan darah tetap stabil sekaligus mencegah masalah atau peradangan pada jantung. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan faktor risiko utama bagi orang yang memiliki penyakit ginjal kronis.

Tak jarang, orang dengan penyakit ginjal yang sudah masuk tahap akhir sampai harus rutin melakukan cuci darah maupun transplantasi ginjal karena penyakit yang parah. Nah, kandungan protein pada kacang polong ini berpotensi untuk mencegah timbulnya keruskan ginjal pada orang yang memiliki hipertensi.

Kamu bisa mencoba konsumsi kacang polong dalam bentuk ekstrak protein kacang polong yang diolah menjadi bentuk pil dan bubuk.

Share on Google Plus

About Anastasia

0 comments:

Posting Komentar