Alasan Mengapa Kick-Off Liga 1 Selalu Mundur

Kick-off Liga Indonesia selalu Mundur

Jadwal Liga Sepakbola Indonesia kasta tertinggi selalu Mundur

Alasan Mengapa Kick-Off Liga 1 Selalu Mundur

Jadwal Kick-off Liga Indonesia selalu mundur sejak era Indonesia Super League yang berarti sudah lebih dari 10 Tahun

Berita Olahraga ~ Seakan menjadi kebiasaan, kick-off Liga Indonesia tak pernah dimulai sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Apa yang membuat awal musim kompetisi kasta tertinggi sepakbola kerap mengalami pengunduran?

Perlu diketahui, persoalan ini sebenarnya sudah terjadi sejak era Indonesia Super League yang berarti sudah lebih dari 10 tahun. Perubahan juga tak terjadi setelah FIFA membekukan PSSI selama dua tahun (2015 dan 2016).

Setelah sanksi FIFA dicabut, PSSI menyambut era baru dengan perombakan kepengurusan. Badan sepakbola tertinggi Indonesia itu juga memperbarui operator liga dari PT Liga Indonesia menjadi PT Liga Indonesia Baru, serta mengubah Indonesia Super League menjadi Liga 1.

Secara garis besar, masalah pengunduran sepak mula dari dulu hingga kini memiliki faktor yang hampir sama. Namun JurnalDunia.com hanya akan merangkumnya dari yang terjadi di era Liga 1.

Liga 1 2017 awalnya memiliki jadwal kick-off pada 26 Maret 2017. Tapi harus mundur lantaran jadwal satu musim belum selesai tersusun.

Saat ini masih dalam tahap finalisasi untuk Liga 1 dan Liga 2. Rencananya akan kami sampaikan secepatnya mengenai jadwal pertandingan. Kami belum menentukan tanggal kick-off kompetisi tersebut, tapi sudah dalam pembahasan final,” ungkap Sekjen PSSI saat itu, Ade Wellington, dilansir Bola.com (19/2/2017).

Beda lagi dengan alasan yang diungkap Ketua Umum PSSI saat itu, Edy Rahmayadi, yang menyebut pengunduran jadwal kick-off dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada klub agar lebih siap menghadapi kompetisi.

Liga 1 saya putuskan mundur. Kami berikan klub kesempatan dan waktu untuk mengatur kekuatan mereka agar siap untuk tampil di kompetisi tersebut. Mungkin perkiraan akan dimulai pada pekan kedua April,” kata Edy dilansir Bola.com (21/2/2017).

Proses verifikasi klub yang diminta Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) juga menjadi salah satu dalang mundurnya pekan perdana. Beberapa aspek harus dipenuhi klub untuk mengikuti kompetisi di antaranya adalah fasilitas dan finansial. Hal ini nantinya akan bersinergi dengan verifikasi yang dilakukan oleh AFC untuk menguji apakah tim tersebut layak atau tidak untuk berkompetisi di kancah Asia.

Dengan berbagai masalah yang masih ada, PSSI akhirnya mengumumkan sepak mula Liga 1 2017 berlangsung pada 15 April 2017.

- Liga 1 2018

Di musim 2018, waktu kick-off mengalami pengunduran sampai tiga kali. Awalnya, kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia ini akan dimulai pada 24 Februari 2018, namun rencana tersebut harus batal dan mundur menjadi 3 Maret. Kendati begitu, tanggal tersebut juga harus diubah menjadi 10 Maret dan akhirnya diputuskan Liga 1 2018 berlangsung pada 23 Maret 2018.

Ada rumor yang mengatakan labilnya jadwal Liga 1 2018 disebabkan karena masih berjalannya turnamen pramusim bertajuk Piala Gubernur Kaltim. Faktor lain, PSSI dan PT LIB kabarnya belum memenuhi kewajibannya untuk melunasi sisa dana distribusi kepada klub peserta Liga 1 2017.

PT LIB ketika itu juga harus menyesuaikan dengan jadwal pemusatan latihan timnas Indonesia dan uji coba internasional. Sebagai catatan, 2018 menjadi salah satu tahun tersibuk yang dimiliki tim nasional Indonesia dari level junior hingga senior.

Penyebab lain adalah mundurnya sponsor kompetisi, Traveloka. Sebelumnya, Traveloka dan Go-Jek menjadi penopang utama dari bergulirnya Liga 1 2017.

- Liga 1 2019

Permasalahan jadwal juga menerpa penyelenggaraan Liga 1 2019. Kisruh di tubuh PSSI, mundurnya sponsor utama, hingga Pemilu Presiden menjadi alasan mengapa kompetisi tahun ini menjadi tidak jelas.

Liga 1 2019 awalnya akan bergulir pada 8 Mei, namun dengan berbagai pertimbangan mundur satu pekan menjadi 15 Mei. Media and Public Relation Manager PT Liga Indonesia Baru, Hanif Marjuni mengatakan mundurnya jadwal disebabkan karena permintaan sponsor.

Ini juga sesuai dengan keputusan pemilik klub dan alasan utama karena permintaan dari sponsor,” terang Hanif pada Rabu (24/4/2019).

Ada pula kekhawatiran pihak klub akan kesulitan mendapatkan izin keramaian dari pihak kepolisian karena rangkaian kegiatan pasca pemilu 17 April.

Share on Google Plus

About Anastasia

0 comments:

Posting Komentar