Direksi Pertamina Persiapkan Langsung Penyaluran BBM Pada Saat Arus Mudik Lebaran

 Direksi Pertamina Persiapkan Langsung Penyaluran BBM Pada Saat Arus Mudik Lebaran


Berita Ekonomi, Jakarta Jajaran Direksi Pertamina tidak cuti selama arus mudik balik Lebaran Idul Fitri. Para direksi bergiliran terjun ke lapangan memantau langsung penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Elpiji.

General Manager Marketing Operation Region III Tengku Fernanda mengatakan, peninjauan dan pemantauan yang dilakukan jajaran Direksi Pertamina tidak hanya satu hari saja, tetapi sejak tim Satgas mulai bertugas pada H-30 Lebaran.

"Secara intensif Satgas Pertamina Siaga yang langsung dikomandoi jajaran Direksi secara bergilir, melakukan Video Conference (vicon) rutin, untuk memantau kondisi di lapangan. Kegiatan vicon ini juga diikuti dengan kunjungan lapangan, memberikan semangat kepada pekerja yang piket," kata Fernanda, di Jakarta, Sabtu (8/6/2019)

Dia menambahkan, sejak H-3 lebaran hingga hari ini koordinasi terus ditingkatkan antara region, karena khusus di Pulau Jawa yang menjadi fokus pemudik, yakni dari Region V, IV dan III perlu kerja sama agar pasokan BBM tidak terkendala, seiring dengan rekayasa arus lalu lintas yang diberlakukan kepolisian.

"Tentunya kami berharap arus mudik dan balik tahun ini berjalan lancar, dan Pertamina bisa memberikan dukungan bagi pemudik dalam melaksanakan aktivitas mudik baik terkait pemenuhan BBM maupun LPG," pungkas Fernanda.‎

Secara bergilir Direksi Pertamina memimpin koordinasi seperti Direktur Pemasaran Korporat Basuki Trikora Putra, Direktur LSCI Gandhi Sriwidodo, bahkan Direktur Pemasaran Retail Mas'ud Khamid pada Hari H Lebaran, menyapa dan berlebaran dengan pekerja di Terminal BBM Jakarta Group.

‎Kemudian Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Ignatius Tallulembang juga meninjau langsung pendistribusoan BBM dari Terminal BBM Jakarta Group.

Sementara Direktur Pengolahan Pertamina Budi Santoso Syarif, meninjau pengoperasian Kios Pertamina Siaga dan SPBU Modular di Rest Area Tol Cipali Km 207 A.

Cek Lokasi Pengisian BBM Saat Penutupan Rest Area di Tol

 Direksi Pertamina Persiapkan Langsung Penyaluran BBM Pada Saat Arus Mudik Lebaran

PT Pertamina (Persero) berupaya tetap melayani pasokan bahan bakar minyak (BBM) pada arus balik yang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Sabtu 8 Juni hingga Minggu 9 Juni 2019.

Seperti diketahui, selain rekayasa lau lintas One Way (jalur satu arah) dari ruas Tol Kalikangkung di KM 414, Jawa Tengah hingga Cikampek Utama di KM 70, Jawa Barat. Jasa Marga bekerjasama dengan kepolisian akan menutup sejumlah rest area yang berpotensi menimbulkan kemacetan.

Jalur satu arah dari Kalikangkung, Jawa Tengah hingga Cikampek Utama, Jawa Barat berlaku mulai pukul 12.00 WIB – hingga pukul 21.00 WIB, dari Kilometer 414 hingga KM 70, masyarakat bisa mendapatkan BBM dari sejumlah SPBU Reguler dan layanan Non SPBU di jalur kanan dan kiri dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta.

Sementara selepas Kilometer 70, di Cikampek Utama, Jawa Barat, sistem contra flow mulai diberlakukan. Untuk mengantisipasi kepadatan pemudik yang beristirahat, sejumlah Rest Area di ruas kiri dari arah Cikampek, mulai hari ini menuju Jakarta akan ditutup. Yakni Rest area KM 62B, KM 52B, KM 42B, dan KM 32B.

Terkait ini, Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III, untuk wilayah Jawa Bagian Barat, Dewi Sri Utami menghimbau kepada masyarakat agar kembali mengisi penuh BBM sebelum memasuki Ruas Tol Jakarta Cikampek, atau sebelum KM 70.

“Kami berharap masyarakat dapat mengisi penuh BBM nya di sejumlah rest area dengan layanan SPBU Reguler maupun layanan SPBU Modular sebelum memasuki KM 70,” jelas dia dalam keterangannya, Sabtu (8/6/2019).

Lokasi Lain

Bagi pemudik yang melakukan perjalanan dari Jawa Tengah ke Jakarta dapat beristirahat serta mengisi penuh BBM di beberapa titik ini :

Ruas Kalikangkung – Pejagan:

SPBU Regular : KM. 519 B, KM. 389 B, KM. 360 B dan KM. 260 B

Kios Pertamina Siaga : KM. 487 B, KM. 456 B, KM.429 B, KM. 5 B (Tol semarang Jatingaleh), KM. 344 B, KM. 294 B dan KM. 282 B

Saat sistem one way akan didukung dengan fasilitas SPBU Regular dan kios Pertamina di ruas A (jalur kanan jalan tol dari arah Jawa Tengah ke Cikampek) yaitu :

SPBU Regular : KM. 519 A, KM. 429 A dan KM. 379 A

Kios Pertamina Siaga : KM. 487 A, KM. 456 A, KM. 391 A, KM. 344 A, KM. 287 A, KM. 275 A dan KM. 252 A.

Ruas Pejagan – Cikampek

SPBU Reguler di ruas tol Pejagan hingga Jakarta: KM 229B; KM 208B, KM 164B, KM 101 B.Saat One Way sistem akan didukung dengan SPBU Reguler di ruas tol jalur A (ruas kanan jalan dari Jawa Tengah ke DKI) yakni : KM 228 A, KM 207 A, KM 166 A, KM 102 A.

Kios Pertamina Siaga dan SPBU Modular : KM 130 A dan B, KM 86 A dan B

Ruas Cipularang – Padaleunyi

Sementara bagi pemudik dari arah Cileunyi/Bandung yang menggunakan jalan Tol Cipularang- Padaleunyi, sebelum memasuk Ruas Tol Jakarta – Cikampek, dapat mengisi BBM di titik ini : SPBU Reguler Rest area KM 149B, KM 125B, KM 97B, KM 88B DAN KM 72B.

Share on Google Plus

About Anastasia

0 comments:

Posting Komentar