Perbedaan Piala FA dan Piala Liga Inggris

Piala FA dan Piala Liga Inggris berbeda ??

Beberapa Perbedaan Turnamen Klub Sepakbola Inggris

Perbedaan Piala FA dan Piala Liga Inggris

Piala FA dan Piala Liga Inggris merupakan Turnamen pendamping antar klub sepakbola Inggris

Berita Olahraga ~ Publik sudah lama mengenal Piala FA dan Piala Liga Inggris, dua kompetisi pendamping dari Premier League. Namun boleh jadi di antara mereka belum bisa membedakan. Berikut JurnalDunia.com jabarkan perbedaan mencolok dari dua kompetisi tersebut.

- Gengsi

Piala FA merupakan kompetisi paling penting dan membanggakan dalam sejarah sepakbola Inggris karena ini merupakan turnamen tertua di dunia. Kompetisi ini pertama kali berlangsung pada musim 1871-72, yang kemudian dimenangkan oleh Wanderers Football Club.

Sementara Piala Liga baru bergulir pada musim 1960-71. Biasanya banyak klub, terutama dari kasta teratas, hanya menurunkan pemain muda atau pemain pelapisnya di turnamen ini. Ini karena juara Piala Liga hanya mendapatkan hadiah sebesar 100 ribu pound. Sangat jauh jika dibandingkan hadiah juara Piala FA yang bisa mencapai 3,6 juta pound.

- Jumlah Peserta

Piala Liga Inggris diikuti tim peserta dari Premier League dan Football League (tiga tingkat di bawah Premier League), dengan rincian 20 tim Premier League, 22 tim dari Championship, kemudian masing-masing 24 tim dari League One dan League Two. Jumlah ini membuat turnamen Piala Liga berlangsung dalam tujuh putaran.

Partisipan Piala FA adalah tim yang berasal dari Premier League dan Football League, ditambah kesebelasan dari 1-6 tingkat non-liga dalam sistem National League. Di musim 2018-19, peserta turnamen ini mencapai 736 tim.

Piala FA memainkan 14 babak yang terdiri dari enam putaran kualifikasi untuk klub level terbawah, putaran 1-4, babak 16 besar, peremempatfinal, semifinal dan final. Klub peserta dari Premier League biasanya memulai petualangan mereka pada putaran ketiga di awal tahun (Januari).

- Format Pertandingan

Piala FA memainkan satu pertandingan sejak babak kualifikasi, namun akan ada pertandingan ulang andai kedua klub bermain imbang. Pada musim 2018-19, pertandingan ulang dihapuskan saat memasuki putaran kelima atau babak 16 besar. Sebagai gantinya, kedua tim yang imbang akan memainkan babak tambahan waktu hingga adu penalti. Sementara itu, penentuan tim mana yang menjadi tuan rumah dilakukan melalui undian.

Pada Juni 2018, Piala Liga memiliki format baru yakni tidak akan ada perpanjangan waktu. Pertandingan yang berakhir imbang di waktu normal akan langsung berlanjut ke babak adu penalti. Pertandingan Piala Liga dilangsungkan dalam sekali pertemuan, kecuali semifinal yang menggunakan sistem kandang dan tandang.

Share on Google Plus

About Anastasia

0 comments:

Posting Komentar